February 8, 2011

Cara Membuat Komentar Pemilik Blog Berbeda Dengan Pengunjung

Cara Membuat Komentar Pemilik Blog Berbeda Dengan Pengunjung - Postingan kali ini gw tulis buat ngejawab pertanyaan salah satu temen gw yang datang ke rumah kemaren siang. Dia tanya seperti ini: "sob, komentar loe ama pengunjung blog loe ko bisa beda?? gimana cara buatnya tuh. . . ??"
dikarenakan kemaren gw engga sempet jelasin secara detail, maka gw coba buat ngejelasinnya di postingan ini aja. Bukan cuma buat temen gw aja, mudah-mudahan postingan gw yang ini bisa bermanfaat buat semua yang datang ke blog ini.
Amiinnnn. . .


Langsung aja, Cara Membuat Komentar Pemilik Blog Berbeda Dengan Pengunjung sebenernya engga sulit, yang perlu kita lakukan hanya mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Login ke blogger.com
2. Pilih menu "Design"
3. Klik "Edit HTML"
4. Beri tanda centang pada "Expand Template Widget"
5. Cari kode dibawah ini (gunakan ctrl+F)

<dd class='comment-body'>
<b:if cond='data:comment.isDeleted'>
<span class='deleted-comment'><data:comment.body/></span>
<b:else/>
<p><data:comment.body/></p>
</b:if>
</dd>

6. Tambahkan kode dibawah ini di atas kode yang ada pada poin nomor 5

<b:if cond='data:comment.author == data:post.author'>
<dd class='comment-body-author'>
<p><data:comment.body/></p>
</dd>
<b:else/>

7. Tambahkan kode </b:if> sebagai penutup kode yang ada di nomor 6. Supaya lebih jelas, coba perhatikan cara penempatan kode tersebut dibawah ini

<b:if cond='data:comment.author == data:post.author'>
<dd class='comment-body-admin'>
<p><data:comment.body/></p>
</dd>
<b:else/>

<dd class='comment-body'>
<b:if cond='data:comment.isDeleted'>
<span class='deleted-comment'><data:comment.body/></span>
<b:else/>
<p><data:comment.body/></p>
</b:if>
</dd>
</b:if>

Keterangan: Kode yang berwarna merah adalah tempat dimana kode yang ada pada nomor 6 dan 7 harus diletakkan

8. Cari Kode ]]></b:skin> dan letakkan kode dibawah ini tepat diatasnya

.commenttext-admin{background:#000000;border:3px dotted #00ff00;margin:.5em 0;padding-top:0;padding-right:0;padding-bottom:0;padding-left:25px;color:#00ff00}

9. Klik "Save Template"

Catatan: Dikarenakan setiap template mempunyai struktur kode yang berbeda, mungkin dalam pencarian kode nomor 5 nanti akan mengalami kesulitan (tidak ditemukan). untuk mengakalinya coba cari bagian dari kode tersebut dalam pencarian, misalkan hanya mencari kata dd class='comment-body'

Cara Membuat Komentar Pemilik Blog Berbeda Dengan Pengunjung di atas udah gw pake buat blog ini dan hasilnya sukses.

Ampir lupa nih, cara ini hanya berlaku pada saat si pemilik blog dalam keadaan login. selain itu sobat blogger juga bisa sedikit modifikasi kode di nomor 8. misalnya dengan mengganti jenis garis (dotted, double, inset, dll), mengatur jarak (padding) dan mengganti warna.
Buat ngeliat kode warna HTML sobat blogger bisa liat di sini.








Related Post on Agung X-Zeg Indraguna's World_

25 komentar:

Warna Tulisan said...

nice tip sahabat, memang jadi memudahkan untuk mengetahui mana komen pengunjung & mana owner

bhotol said...

mantap gan ........
ada yang buat wordpres.com nya gk ???

Kang Epot said...

bagus sobat, trik baru untuk blogger baru yang belum tau....keep up to date :)

Ari Febriant said...

okey sob lagsung dicoba nii...... mkasih yaa..

Yulis Samoa said...

Bagus banget buat saya yang sedang ingin mempelajari blogspot :)

makasih info nya ...

Afoed'z said...

Nice share sob,,,

media update said...

wah pingin aku terapkan nich mudah mudahan sempat rubah tu widget thank informasinya gan

Agung X-Zeg Indraguna said...

@Warna Tulisan : Bener banget pak, apalagi kalo komennya banyak
@bhotol : wah.. kalo buat wordpress gw engga tau juga ea sob, belum pernah bikin blog di wordpress sih
@Kang Epot : Thx kang.. semangat !!
@Ari Febriant : sAMA2 SOB.. MOGA SUKSE
@Yulis Samoa : Gw juga masih belajar mba'.. mari belajar bareng
@Afoed'z : Thx udah mampir & nyempetin buat baca sob
@media update : semoga berhasil kawan..

Adhitya said...

mancap,, copas ah di word.. aku kira kyk gni bawaan templetenya..hehe

Agung X-Zeg Indraguna said...

@Adhitya : hehehe.. kau ini !!

putra said...

maksi imfonya broo ..ane masih belajar nih,,,

Agung X-Zeg Indraguna said...

@putra : gw juga masih belajar sob

SANG PUJANGGA said...

its very good gan.

GEMULUNG TEAM said...

mass saya suka gambar emo yg ada di samping kiri blog nya mas itu cara buat Y gmna mas ???

Anonymous said...

nice trick gan..

Blogger Katro said...

thanks cuy, btw, blog kamu bagus, tapi lumayan berat, backgroundnya mungkin ya ?

royansableng said...

ane praktikin gan'
follback ya
4kopisusu online

Fandi Adhitya said...

wah bagus ni gan

Yusuf said...

Jadi lebih keliatan profesional

Blog SEO Tutorial said...

infonya luar biasa gan,, terima kasih sudah di share,, di tunggu kunbalnya di gubuk ane gan.. salam newbie...

Anonymous said...

What's up, just wanted to say, I loved this post. It was practical. Keep on posting!

Feel free to surf to my site china international travel services

Anonymous said...

Everyone loves what you guys are usually up too.
Such clever work and exposure! Keep up the great works guys I've included you guys to my own blogroll.

Take a look at my site international travel tour

Ricky said...

Banyak template sekrang pakai author-body

Poker said...

Makasih mas artikelnya membantu :)

hayriye said...

denizli
elazığ
eskişehir
ığdır
ısparta
MHBX0P

Post a Comment