January 14, 2011

Apa itu Hoax ???

Apa itu Hoax ???
Apa itu Hoax ??? - Apa itu hoax ?
Hoax adalah suatu berita atau informasi yang sifatnya tidak benar (bohong). Hoax dibuat dengan tujuan untuk membohongi dan membuat seseorang percaya dan membenarkan sesuatu hal yang sebenarnya adalah salah. Hoax bisa beredar dimana saja, bisa di Internet, Yahoo Messenger, Email, Facebook, Bulletin Friendster, SMS, dll.

Hoax tidak selalu harus berhubungan dengan dunia komputer dan internet, hoax juga bisa berisi tentang lingkungan, kesehatan, keuangan, atau bahkan hal sekecil apapun yang ada di dekat kita.
Ciri-ciri hoax:
1. Di distribusikan (disebarkan) melalui media pengiriman pesan (email, SMS, dll)
2. Isi berita yang disampaikan biasanya selalu membuat panik dan cemas para pembacanya
3. Selalu memberikan pesan buat memforward/meneruskan berita tersebut kepada orang lain
4. Pengirim pertama berita tidak diketahui

Berbeda dengan spam, hoax tidak memberikan keuntungan apapun buat si pembuatnya kecuali kesenangan pribadi karena hoax buatannya udah bisa ngebohongin dan menjadi pembicaraan banyak orang.

Seperti dijelaskan diatas, hoax dibuat agar si penerima berita percaya akan berita yang diterimanya walaupun berita tersebut sebenarnya adalah salah dan tidak terbukti kebenarannya. Maka dari itu dalam proses pembuatannya si pembuat hoax selalu memasukkan unsur-unsur yang dapat membuat si penerima berita percaya seperti mencantumkan istilah-istilah ilmiah, menggunakan data-data dalam bentuk angka, mencantumkan sumber berita dan alamat kantor sumber berita tersebut dll.


Referensi: Wikipedia dan sumber lainnya








Related Post on Agung X-Zeg Indraguna's World_

2 komentar:

sibutiz said...

makasih atas HOAX nya ya ka..
saya jadi tahu...

Agung X-Zeg Indraguna said...

@sibutiz : eapz. . . sama-sama !!

Post a Comment